majalahpos.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang curiga “hacker” bernama Bjorka hanya melakukan pengalihan isu dengan menuding Ketua Umum Partainya Muchdi Purwopranjono sebagai dalang di balik pembunuhan aktivis HAM Munir.

Badaruddin merasa Bjorka hanya sedang berusaha menutupi isu terkini.

“Adanya hacker Bjorka membuka ke publik lagi ( kasus Munir ) pasti ada niat di balik itu. Entah mau menutupi isu ter-update atau sekadar isu jelang pemilu lima tahunan. Wallahualam,” ujar Badaruddin dalam keterangannya, Senin (12/9/2022).

Badaruddin menjelaskan, sebagai warga negara Indonesia (WNI) yang baik, masyarakat harus bisa memandang apakah isu seperti itu baik atau buruk.

Namun, ia menegaskan kasus pembunuhan Munir tidak ada kaitannya dengan Partai Berkarya.

“Dan Ketum Partai Berkarya Muchdi Pr juga tidak pernah membawa isu ini ke partai karena kasus ini sudah lama dan selesai sebelum Partai Berkarya lahir di tahun 2016,” katanya.

Sementara itu, kata Badaruddin, Partai Berkarya memilih untuk menyerahkan kasus Munir kepada negara.

Apalagi, menurutnya, Muchdi Pr sudah diproses hukum dan dinyatakan tidak terlibat dalam kasus kematian Munir.

“Untuk Pak Muchdi Pr kan sudah terbukti tidak terlibat oleh pengadilan dan sudah dibebaskan,” ujar Badaruddin.

Sebelumnya, Bjorka sempat ramai diperbincangkan usai mengklaim mengantongi 1,3 miliar data Kartu SIM yang terdiri dari beberapa jenis data pelanggan berkapasitas 18 GB berisi data-data kartu SIM dari pelanggan Indonesia.

Bjorka juga mengumumkan bahwa dirinya menjual 26 juta data riwayat pencarian pengguna IndiHome di situs Breached Forums.

Kemudian, Bjorka membocorkan data pribadi milik sejumlah petinggi di negeri ini. Mulai dari milik Menkominfo Johnny G Plate hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Bjorka juga menjadi trending topic Twitter pada Minggu (11/9/2022) pagi.

Hal itu karena Bjorka mengklaim mengungkap dalang pembunuh Munir. Nama, nomor telepon, email, NIK, hingga data vaksin otak pembunuh Munir dibongkar.

Namun, akun Twitter Bjorka @bjorkanism hilang atau ditangguhkan Twitter pada Minggu sore.