majalahpos.com – Anda pasti pernah merasakan kecepatan internet Anda mulai menurun, sehingga saat mengunduh tampak macet hingga aliran video terus buffering.

Kecepatan internet akan sangat mempengaruhi pengalaman menjelajah di peramban. Aplikasi tes kecepatan internet dapat dengan cepat memberi tahu informasi penjelajahan internet Anda.

Penggunaan aplikasi tes kecepatan internet ini memberikan informasi waktu nyata tentang seberapa cepat koneksi internet atau WiFi Anda mentransfer data. Karena semakin tinggi rate, semakin banyak data yang Anda miliki untuk mendukung aktivitas online Anda.

Informasi dalam situs tes kecepatan internet

Terdapat tiga inti informasi yang diberikan melalui aplikasi tes kecepatan internet, di antaranya adalah latency, kecepatan internet, dan kecepatan unggah.

  • Latency: waktu dalam milidetik (ms) yang dibutuhkan sinyal untuk melakukan perjalanan ke dan dari server internet
  • Kecepatan unduhan: aktivitas menjelajahi situs web atau menonton YouTube bergantung pada kecepatan unduhnya
  • Kecepatan unggah: hal ini penting untuk mengirim data ke internet

Cara kerja tes kecepatan internet

Saat Anda meluncurkan tes kecepatan, perangkat akan mengirim sinyal atau ping ke server tes terdekat untuk memulai tes.

Server kemudian mengirimkan data ke perangkat Anda, dan aplikasi mengukur berapa banyak informasi yang diunduh dalam jangka waktu tertentu. Untuk menentukan kecepatan unggah, aplikasi mengirimkan informasi kembali ke server.

Situs tes kecepatan internet

Situs tes kecepatan internet ini terdapat yang tersedia sebagai aplikasi seluler dan versi situs web.

Informasi yang dikirim dan diterima oleh perangkat seluler selama pengujian dihitung sebagai data yang digunakan oleh paket seluler. Dilansir dari Weboost berikut ini beberapa aplikasi atau situs tes kecepatan internet.

Ookla SpeedTest

Dalam aplikasi dan situs ini, Anda akan mendapatkan beberapa informasi mengenai kecepatan unggah, kecepatan unduh, latensi, dan jitter, ia dapat melakukan tes video untuk mengukur resolusi, waktu buka, dan buffering.

Anda dapat meninjau riwayat pengujian, melihat grafik waktu nyata untuk melihat seberapa konsisten koneksi Anda. Untuk mencobanya Anda dapat mengunjungi .

SpeedTest Master

SpeedTest Master menawarkan tes kecepatan standar dan fitur tambahan. Anda dapat melakukan tes ping lanjutan untuk memeriksa stabilitas jaringan dan mendeteksi perangkat yang menggunakan Wifi Anda tanpa izin.

Pengguna juga bisa memeriksa kekuatan sinyal untuk menemukan titik terkuat, dan menemukan saluran yang tidak terlalu ramai untuk router Wifi Anda. Untuk mengunduh aplikasi kecepatan internet satu ini Anda dapat klik .

Meteor

Tes kecepatan Meteor Open Signal menilai koneksi internet Anda melalui Wi-Fi, 3G, 4G/LTE, dan 5G. Meteor memungkinkan Anda menguji koneksi Anda di berbagai aplikasi, seperti Spotify, YouTube, TikTok, Instagram, dan Zoom.

Anda dapat meninjau statistik terperinci dan mengurutkan pengujian sebelumnya berdasarkan kinerja. Ingin tes kecepatan internet Anda? cobalah untuk mengunjungi .

V-Speed

Hanya tersedia sebagai aplikasi seluler, V-SPEED memiliki antarmuka yang tampak modern dan banyak opsi konfigurasi bagi mereka yang tertarik dengan pengaturan lanjutan.

Ini memiliki fitur Wifi dan alat pencari sinyal seluler, peta jangkauan jaringan seluler, opsi untuk memfilter dan mengurutkan hasil sebelumnya, dan kemampuan untuk memilih server pengujian default. Untuk mencobanya Anda dapat mengunduhnya di .

Cloudflare Speedtest

Tes kecepatan Cloudflare menyediakan grafik yang sangat rinci untuk kecepatan unggah, kecepatan unduh, latensi, dan jitter.

Aplikasi ini melakukan berbagai pengujian, termasuk unggahan dan unduhan 100 KB, 1 MB, 10 MB, 25 MB, dan 100 MB. Kunjungi situs berikut ini untuk mencoba tes kecepatan dari Cloudflare. Anda bisa mengeceknya di .

Demikian informasi mengenai rekomendasi situs tes kecepatan internet. Semoga membantu!