Dandim Putussibau cek patok batas negara RI-Malaysia tak bergeser

majalahpos.com – Komandan Kodim (Dandim) 1206 Putussibau Letkol Inf Sri Widodo melakukan pengecekan patok batas tipe C antara RI-Malaysia di Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu, wilayah Provinsi Kalimantan Barat, tidak mengalami pergeseran

“Dipastikan, patok batas tidak bergeser atau pun rusak sehingga secara rutin dilakukan patroli, ” kata Letkol Inf Sri Widodo, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

MenurutWidodo, pengamanan daerah perbatasan merupakan salah satu tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang (OMSP), tugas tersebut kemudian diimplementasikan dengan dilaksanakannya patroli patok batas terutama oleh Satgas Pamtas.

Selain dipastikan patok batas tidak terjadi pergeseran, katanya, juga tidak mengalami kerusakan, patok batas juga salah satu kedaulatan NKRI di daerah perbatasan yang benar-benar harus dijaga.

“Semoga dengan dilaksanakan patroli patok dengan rutin tersebut tidak ada patok yang bergeser, rusak ataupun hilang yang menjadi batas kedua negara antara Indonesia dan Malaysia baik akibat ulah manusia maupun faktor alam karena tujuan kita disini adalah selalu menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI,” kata dia.

Dia juga menekankan agar prajurit TNI di perbatasan dapat bersinergi dengan semua pihak dan melaksanakan tugas sesuai ketentuan.

“Hindari pelanggaran dan laksanakan tugas teritorial dengan karya bakti dan bakti sosial yang dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Widodo.

Dalam kunjungannya di daerah perbatasan itu, Widodo juga meninjau sejumlah pos dan koramil di perbatasan yang didampingi oleh Pasi Intel, Pasi Ops dan Komandan Unit Intel Kodim Putussibau.

error: Content is protected !!
Exit mobile version