Dukung Gibran Maju Pilgub, Gerindra: Tunggu Hasil Konsultasi Gibran ke Megawati

Dukung Gibran Maju Pilgub, Gerindra: Tunggu Hasil Konsultasi Gibran ke Megawati

majalahpos.com – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Gerindra bakal mendukung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka jika ingin maju sebagai calon gubernur (cagub) dalam Pemilu 2024.

Dasco mengungkapkan, sebagai salah satu partai politik (parpol) yang mendukung Gibran dalam pemilihan wali kota, Gerindra bakal melanjutkan dukungan itu dalam kontestasi mendatang.

“Partai Gerindra tentunya termasuk ikut yang akan mendukung apabila kemudian Mas Gibran mau maju Pilgub (pemilihan gubernur),” kata Dasco ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Namun, ia mengatakan Gerindra bakal menunggu keputusan politik dari Gibran.

Sebab, sebagai kader PDI-P, anak sulung Presiden Joko Widodo itu menyatakan bakal berkomunikasi dulu dengan Megawati Soekarnoputri.

“Tapi, kita sama-sama tahu bahwa Mas Gibran akan melakukan konsultasi dulu ke Ketua Umum PDI-P, dan tentu kita akan tunggu hasilnya,” ujarnya.

Di sisi lain, Dasco mengatakan bahwa Gerindra terbuka jika anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep ingin bergabung untuk memulai karir politiknya.

Namun, ia menekankan semua keputusan ada di tangan Kaesang untuk memilih bakal bergabung dengan partai politik (parpol) tertentu atau tidak.

“Partai Gerindra kan memang partai terbuka. Kita kan ya, Pak Prabowo berkali-kali menyatakan tentunya kita akan menerima insan yang sama-sama membangun bangsa dan negara,” kata Dasco.

Diketahui, berdasarkan cerita Gibran, Kaesang telah menyampaikan pada Jokowi keinginannya untuk berkiprah di dunia politik.

Terbaru, Gibran membocorkan bahwa Kaesang ingin memperebutkan kursi eksekutif, bukan legislatif.

“Eksekutif. Itu dah tak bocorkan,” kata Gibran dikutip dari TribunSolo, Rabu.

Sementara Gibran digadang-gadang berpotensi untuk menjadi calon gubernur (cagub) DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

Selagi menunggu arahan Megawati, Gibran mengatakan ingin fokus dulu membereskan berbagai pekerjaan rumah sebagai Wali Kota Solo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!