Kemenparekraf gelar ICEFF 2023 dorong ekraf tingkatkan penjualan

Kemenparekraf gelar ICEFF 2023 dorong ekraf tingkatkan penjualan

majalahpos.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar boothcamp dan pitching Islamic Creative Economy Founders Fund (ICEFF) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, untuk mendorong pelaku ekonomi kreatif (ekraf) agar terus meningkatkan kapasitas penjualan.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf Anggara Hayun Anujuprana, saat membuka kegiatan boothcamp dan pitching ICEFF 2023 di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok, Jumat (17/3) mengatakan bahwa bootcamp dan pitching ICEFF 2023 merupakan salah satu rangkaian program Islamic Creative Economy Founders Fund (ICEFF) Tahun 2023.“Setelah melalui berbagai tahapan dari pendaftaran hingga kurasi, para peserta yang dinyatakan lolos, berhak mengikuti boothcamp dan pitching untuk mendapatkan edukasi dan simulasi pitching serta kesempatan pitching di depan lembaga pendanaan syariah,” ujar Hayun dikutip dari keterangan yang di terima ANTARA, Minggu.

Ia juga menambahkan penyelenggaraan ICEFF 2023 ini menjadi upaya dari Kemenparekraf untuk menjembatani pertemuan antara pebisnis dan pemodal syariah serta membangun ekosistem bisnis syariah.

Sementara itu, Ketua Pokja Perbankan dan Pembiayaan Terintegrasi Kemenparekraf Mugiyanto, mengatakan total terdapat 878 pelaku usaha yang mendaftar melalui website. Namun setelah dilakukan kurasi, diperoleh 27 pelaku ekraf yang berhak mengikuti bootcamp dan pitching dalam program “ICEFF 2023” di Mandalika.“Saya ucapkan selamat kepada 27 peserta yang terpilih mengikuti bootcamp dan pitching di Mandalika. Saya harapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kapasitas,” ujar Mugiyanto.

Selama tiga hari peserta dibimbing oleh mentor dari Yukbisnis untuk mendapatkan pembekalan pra-pitching dan pendampingan selama pitching. Para peserta terlihat sangat bersemangat mengikuti bootcamp dan pitching ini. Menurut mereka kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat menambah wawasan dan jaringan ke lembaga keuangan syariah.

ICEFF 2023 di Mandalika ini juga berhasil membawa hasil positif di mana sukses membukukan potensi pembiayaan sebesar Rp19 miliar.Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Poltekpar Lombok, Herry Rachmat Widjaja; Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Tengah, Iksan; Founder Yukbisnis, Jaya Setiabudi; CEO Yukbisnis, Salman Alfarisy serta Lembaga Keuangan Syariah Perbankan dan Non Perbankan.Sebelumnya, program ini telah sukses digelar di Medan pada 12-14 Maret 2023 dan diikuti 25 pelaku ekraf dari 3 subsektor. Yakni kuliner (19 pelaku), fesyen (3 pelaku) dan kriya (3 pelaku), kini, boothcamp dan pitching ICEFF dilanjutkan ke Mandalika pada tanggal 16-18 Maret 2023 dan diikuti 27 pelaku ekraf dari 3 subsektor. Yakni kuliner (16 pelaku), fesyen (7 pelaku) dan kriya (4 pelaku).

error: Content is protected !!