Suara.com – Tahapan ANBK 2022 untuk jenjang SMP mulai diselenggarakan sejak bulan Juli 2022. Sebelum jadwal pelaksanaan ANBK dimulai, yuk pelajari beberapa contoh soal ANBK 2022 SMP berikut ini.

Sebelum menguraikan beberapa contoh soal ANBK jenjang SMP, mari simak terlebih dulu pengertian ANBK. Adapun ANBK atau Asessmen Nasional Berbasis Komputer ini adalah metode penentu nilai kelulusan siswa sekolah yang digunakan sebagai pengganti Ujian Nasional. 

Jadi, ANBK ini adalah evaluasi program dari Kemendikbud agar mutu pendidikan meningkat dengan cara memotret input, proses, serta output pembelajaran dalam satuan pendidikan. 

Adapun fungsi pelaksanaan ANBK ini guna meningkatkan minat belajar siswa. Selain itu juga untuk memetakan serta memonitor mutu pendidikan di Tanah Air.

Baca Juga:
10 Contoh Soal ANBK Kelas 11 dan Jawabannya, Bagian Literasi

Adapun ANBK ini dibagi jadi tiga instrumen, yaitu: Tes AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Untuk Tes AKM ini hanya dikerjakan oleh perwakilan siswa SD kelas 5, siswa SMP kelas 8, dan siswa SMA/SMK kelas 11 dari sekolah-sekolah. Perwakilan siswa dipilih oleh pemeringah dan guru.

Nah bagi perwakilan siswa, khususnya siswa SMP yang terpilih untuk mengikuti ANBK 2022, alangkah baiknya untuk mempelejari beberapa contoh soal ANBK 2022 SMP. 

Contoh Soal ANBK 2022 SMP

Penting untuk diketahui, sebelum latihan contoh soal ANBK 2022, kamu perlu mengetahui cara untuk bisa melihat beberapa contoh soal AKM. Adapun beberapa cara untuk bisa melihat contoh soal AKM tahun 2022 yakni seperti di bawah ini:

Baca Juga:
Jadwal ANBK 2022 SD hingga SMA Lengkap, Kapan Gladi Bersihnya?

Melalui situs Pusmenjar Kemendikbud yang disebutkan di atas, kamu bisa melihat dan mengerjakan beberapa contoh soal sesuai jenjang yang kamu pilih, baik itu SMP, SMA, maupun SD.

Usai mengerjakan latihan contoh soal AKM, para siswa bisa melanjutkan mengikuti latihan simulasi AKM saat pelaksanaan ANBK 2022. Adapun fungsi mengikuti simulasi guna memudahkan para siswa dalam mengerjakan soal AKM.

Saat mengikuti simulasi melalui situs resmi Pusmenjar Kemendikbud Ayo AKM, jangan lupa untuk pilih tingkatan soal, identitas diri, serta token. Karena ini hanya sebatas simulasi tes, ada baiknya identitas diri yang kamu masukkan juga hanya sebatas simulasi.

Sebagai informasi, ANBK 2022 jenjang SMP sederajat akan diselenggarakan mulai tanggal 19 September hingga 22 September 2022. Sementara untun peserta ANBK jenjang Paket B akan diselenggarakan mulai tanggal 24 September hingga 25 September 2022.

Demikian informasi mengenai contoh soal ANBK 2022 SMP yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.