majalahpos.com – BPJS Kesehatan dicanangkan akan menjadi syarat wajib kepemilikan dalam mengurus sejumlah dokumen berkendara.

Maka dari itu nantinya untuk mengurus Surat Izin Mengemudi ( SIM ) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK ) harus memiliki BPJS kesehatan .

Hal tersebut sejalan dengan amanat Presiden melalui Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ).

Namun aturan ini belum dipastikan kapan akan segera diresmikan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mendaftar BPJS Kesehatan agar mempermudah mengurus SIM dan STNK.

Bagi yang sudah pernah membuat BPJS Kesehatan sebaiknya periksa kembali apakah masih memiliki status yang aktif atau tidak.

Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah BPJS Kesehatan dalam keadaan aktif atau tidak, salah satunya menggunakan layanan CHIKA (Chat Assistant JKN).

Layanan CHIKA ini dapat diakses secara online melalui media sosial seperti Facebook, Telegram, atau WhatsApp.

Berikut beberapa cara menggunakan CHIKA:

1. Facebook Messenger di BPJSKesehatanRI

2. Pesan Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot

3. WhatsApp di nomor 08118750400

Berikut cara mengecek status BPJS Kesehatan aktif atau tidak melalui layanan CHIKA:

– Lakukan chat CHIKA melalui Facebook Messenger, Telegram atau Whatsapp

– Pilih menu cek status peserta

– Ketik NIK/nomor peserta

– Input tanggal lahir sesuai format yang diminta. Nantinya sistem CHIKA akan menampilkan informasi berupa status keaktifan kepesertaan JKN-KIS