majalahpos.com – Memarkirkan mobil di garasi rumah bisa dilakukan dalam berbagai cara. Paling awam, mobil bisa diparkir maju alias kepala atau kap mesin menghadap ke rumah atau parkir mundur, kepala mobil mengarah ke luar.

Kalau dibandingkan, dari kedua jenis parkir di garasi rumah, mana yang lebih aman untuk dilakukan?

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, untuk parkir di rumah, lebih aman parkir maju atau bagian kepala mengarah ke rumah.

“Kalau di garasi rumah lebih baik maju, agar lebih sulit mobilnya dicuri,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Jumat (9/9/2022).

Marcell menjelaskan, ketika mobil parkir maju, maka ketika mau dikeluarkan dari garasi harus mundur dahulu. Proses mundur ini yang menurutnya lebih merepotkan daripada mobil sudah mengarah ke luar.


“Sedangkan kalau parkir di tempat umum, lebih baik mundur. Jadi kalau ada kondisi darurat, kita akan lebih mudah untuk escape atau melarikan diri,” kata Marcell.

Kalau parkir mundur di garasi rumah, tentu keuntungannya adalah mobil jadi mudah keluar. Jadi ketika mau pergi, pengemudi tidak repot dan tinggal maju saja keluarkan mobil dari garasi.