majalahpos.com – WhatsApp telah merilis sejumlah pembaharuan fitur pada tahun 2022. Fitur-fitur itu bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna terhadap aplikasi milik Meta itu.

Fitur-fitur ini pertama kali dilihat oleh WABetaInfo lewat WhatsApp versi alpha dan beta di Android dan iOS. Berikut 6 perubahan baru WhatsApp yang wajib Anda ketahui.

Bisukan Orang di Group Call

Perubahan yang dilakukan WhatsApp adalah menambahkan fitur bisukan orang di panggilan grup. Dengan fitur ini pengguna bisa membisukan peserta lain ketika melakukan meeting online melalui WhatsApp.

Fitur ini tentu diperlukan sebab sering ditemukan adanya peserta yang lupa mematikan microphone dan menganggu berjalannya meeting. Jika dalam aplikasi meeting seperti Zoom membisukan orang harus dilakukan oleh host atau admin, WhatsApp dapat membisukan seseorang yang mengganggu selama panggilan video grup secara pribadi.

Peserta Group Call

Masih seputar Group Call. Kini WhatsApp telah meningkatkan jumlah panggilan grup atau group call menjadi sebanyak 32 peserta.

Fitur ini tentu sangat mendukung bagi pengguna yang ingin melakukan meeting online via WhatsApp.

Ganti Background

Perubahan selanjutnya adalah WhatsApp juga dikabarkan akan menambahkan efek mengganti latar belakang atau background selama panggilan video berlangsung.

Fitur ini memungkinkan peserta mengganti background saat meeting online sebagaimana aplikasi lainnya.

Privasi Pengguna

Selanjutnya, WhatsApp menambah fitur pada privasi penggunanya. Salah satunya pengguna bisa memilih kontak mana yang dapat melihat foto profil, status, dan status terakhir terlihat yang menunjukkan kapan pengguna terakhir aktif.

Fitur ini merupakan peningkatan WhatsApp tahun lalu yang baru dapat menyembunyikan status terakhir dari asing secara default karena potensi implikasi pada privasi.

Catatan Tambahan (Notes)

WhatsApp juga menghadirkan fitur yang dapat mengirimkan pesan kepada salah satu anggota pada panggilan video grup untuk menulis catatan atau hanya sebatas intermezo yang dilemparkan kepada salah satu anggota grup di dalam panggilan video.

Transfer dari Android ke iPhone

Terakhir, kabar baik untuk yang selalu bergonta-ganti perangkat ponsel yang digunakan. Saat ini, pengguna dapat mentransfer riwayat obrolan (chat) dari Android ke iPhone.

Sebagai informasi, menjelang akhir tahun WhatsApp juga akan menambahkan peningkatan pada fitur mengirim pesan suara (voice note). Dengan fitur baru ini pengguna dapat melakukan pratinjau pesan suara sebelum dikirimkan.

Pengguna juga bisa melakukan pengiriman pesan dengan orang yang berbeda saat pesan suara didengarkan dan terakhir ada fitur untuk melakukan pause dan resume saat pesan suara dimulai.