Seberapa Penting Tank Leopard 2 bagi Ukraina?

Seberapa Penting Tank Leopard 2 bagi Ukraina?

majalahpos.com

BERLIN, KOMPAS.com – Kanselir Jerman Olaf Scholz sepakat untuk memasok Ukraina dengan tank Leopard 2 , menurut laporan sejumlah media Jerman termasuk Der Spiegel, Selasa (24/1/2023).

Jerman juga akan memberikan izin re-ekspor Leopard 2 dari sejumlah negara, seperti Polandia dan Finlandia, ke Ukraina, sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Menurut aturan Jerman, negara-negara yang membeli persenjataan dari Jerman umumnya membutuhkan izin dari Berlin sebelum melakukan re-ekspor ke negara lain.

Laporan tersebut awalnya dirilis oleh Der Spiegel, yang menyebutkan bahwa Pemerintah Jerman akan mengizinkan setidaknya salah satu perusahaan mengirim tank Leopard 2 dari stok angkatan bersenjata Jerman, alias Bundeswehr.

Kabar tersebut muncul usai Berlin mendapat desakan dari para sekutunya untuk mengizinkan pengiriman main battle tank (MBT) generasi ketiga buatan Jerman tersebut ke Ukraina.

Desakan berasal dari NATO, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, bahkan dari dalam anggota koalisi pemerintahan Scholz.

Zelensky bahkan meminta dengan sangat dan sempat mengkritik Jerman dengan menyebut kelambanan Jerman dalam mengirim tank ke Ukraina membuat banyak warga Ukraina kehilangan nyawa.

Seberapa penting Leopard 2 untuk Ukraina dalam perang melawan Rusia?

Sejauh ini, ada 13 negara di Eropa, termasuk Polandia dan Finlandia, yang memiliki armada tank Leopard 2. Banyak dari negara-negara tersebut mau melakukan re-ekspor beberapa tank ke Kyiv.

Dilansir dari CNN, ada sekitar 2.000 unit Leopard 2 yang tersebar di seluruh Eropa, dengan berbagai tingkat kesiapan.

Sejumlah besar unit Leopard 2 tersebut berada di dekat Ukraina.

Perawatan Leopard yang relatif mudah dibandingkan dengan model lain, membuat para ahli percaya bahwa tank tersebut dapat membantu Ukraina dengan cepat.

Spesifikasi Leopard 2 memiliki meriam Smoothbore 120 milimeter (mm) dengan senapan mesin 7,62 mm.

Leopard 2 dapat melaju dengan kecepatan hingga 70 kilometer (km) km per jam saat off-road. Kecepatan ini menjadi salah satu keunggulan Leopard 2 dalam bermanuver.

Produsen Leopard 2, Krauss-Maffei Wegmann, menyebutkan bahwa tank ini memiliki beberapa fitur perlindungan termasuk perlidungan dari alat peledak improvisasi, ranjau, dan tembakan anti-tank.

“Leopard 2 adalah main battle tank yang modern dan terlindungi dengan baik dengan sensor yang baik,” kata Jack Watling, Senior Research Fellow di Land Warfare di Royal United Services Institute (RUSI), kepada CNN.

“Ini pada awalnya dirancang untuk dipelihara oleh wajib militer dan oleh karena itu lebih mudah untuk bertahan dalam pertempuran daripada beberapa desain NATO lainnya seperti Challenger 2. Ada juga jalur produksi yang ada untuk menjaga pasokan suku cadang Leopard 2,” sambungnya.

Sementara itu, Leopard mengusun mesin diesel yang membuat konsumsi bahan bakarnya lebih irit dan mengurangi jumlah truk bahan bakar yang diperlukan untuk mendukung satu batalion.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!