Travel  

Telusur Sungai Arung Jarum, Pilihan Wisata Alam di Tasikmalaya

Telusur Sungai Arung Jarum, Pilihan Wisata Alam di Tasikmalaya

majalahpos.com – Sungai Ciwulan yang membentang sepanjang 15 kilometer di wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, dimanfaatkan sebagai jalur arung jeram oleh para pegiat pecinta alam dan para atlet.

Mulai dari anak Sungai Ciwulan, Cikunir, tepatnya di Jembatan Asta, Karanganyar, Kawalu, sampai finish di Lapangan Urug, Kota Tasikmalaya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, menjajal langsung trek arung jeram bersama belasan perahu lainnya menjelang pelaksanaan agenda “Tasik Baseuh” pertengahan tahun ini diikuti oleh para atlet se-Indonesia.

“Sebetulnya, jalur arung jeram ini pernah dipakai even Nasional yang diikuti oleh para atlet 9 tahun lalu. Jadi saat nanti akan ada agenda Tasik Baseuh pertengahan tahun ini, para peserta tentunya sudah mengenal jalur Sungai Ciwulan ini.”

“Kita ini cek langsung saja jalurnya bersama unsur panitia,” jelas Ivan kepada wartawan di Bale Kota Tasikmalaya, Jumat (17/3/2023).

Ivan menambahkan, adanya jalur arung jeram ini membuktikan bahwa daerahnya memiliki banyak potensi wisata alam.

Selama ini, Tasikmalaya lebih dikenal sebagai wilayah perkotaan yang identik dengan kota industrial.

Ivan menambahkan, ke depannya pihaknya bakal menyusun kegiatan-kegiatan di destinasi wisata alam untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan.

“Tentunya ini kebanggaan bagi Kota Tasikmalaya, yang selama ini memiliki potensi wisata alam yang sangat berlimpah,” tuturnya.

Gabungkan wisata dan produk ekonomi kreatif

Ke depannya, lanjut Ivan, Pemkot Tasikmalaya akan mengintegrasikan paket wisata alam ini dengan berbagai potensi ekonomi kreatif khas Kota Tasikmalaya seperti bordir, kuliner khas, dan lainnya.

Terlebih, lokasi wisata alam ini masih satu daerah dengan sentra produksi bordir busana muslim di wilayah Kawalu, Kota Tasikmalaya.

“Nanti kami coba integrasikan menjadi satu paket wisata unggulan untuk wisatawan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tasikmalaya, Deddy Mulyana, mengaku pihaknya selama ini siap menerima wisatawan dengan keunggulan wisata alam air lewat even arung jeram.

Tasikmalaya pun terus meningkatkan berbagai fasilitas pendukung untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang berkunjung.

“Kami terus benahi dan berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang nanti berkunjung ke Kota Tasikmalaya, khususnya bagi para peserta even arung jeram,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!